Buat adik-adik yang sedang duduk di kelas ix smp, ayo segera disiapkan latihan-latihan soal matematika agar kelak tidak mengalami kesulitan saat ujian nasional.
Di postingan blog kali ini, saya mau memberikan latihan soal yang diambil dari http://www.proprofs.com/quiz-school/story.php?title=latihan-un-matematika-smp sekaligus saya berikan pembahasannya, agar adik-adik mudah memahaminya.
Yuk mulai latihan soalnya,
Latihan Soal dan Pembahasan UN SMP
1.
|
Dalam suatu tes jawaban yang benar diberi nilai 4, yang salah
diberi nilai -2, dan soal yang tidak dijawab diberi nilai -1. Jika dari 25
soal, Ani menjawab dengan benar 18 soal dan 5 soal salah, sisanya tidak
dijawab. Maka nilai yang diperoleh Ani adalah....
|
A.
|
60
|
B.
|
62
|
C.
|
70
|
D.
|
82
|
Pembahasan :
Soal yang dijawab dengan benar adalah 18
maka akan dikalikan 4
Soal yang dijawab dengan salah adalah 5
maka akan dikalikan -2
Soal yang tidak dijawab adalah 2 maka
akan dikalikan -1
Total nilai Ani =18x4+5x(-2)+2x(-1)
=72+(-10)+(-2)
=60
Jawaban A
2.
|
Pak Budi memiliki sebidang tanah pekarangan, luas tanah adalah
12 m2. Jika 25% bagian ditanami bunga melati,
1/5 ditanami bunga mawar dan 0,3 bagian ditanami
sayur-sayuran, maka luas tanah yang belum ditanami adalah …m2
|
A.
|
2,4
|
B.
|
3
|
C.
|
3,6
|
D.
|
8
|
Pembahasan :
-
Luas tanah 12m2
-
Luas tanah yang
belum ditanami adalah luas total tanah dikurangi jumlah luas kebun melati,
mawar dan sayur-sayuran maka dapat ditulis sebagai berikut
didapatkan hasil
-
Jawaban B
3.
|
Jarak antara 2 kota pada peta adalah 4 cm, sedangkan jarak
sebenarnya adalah 112 km. Skala pada peta adalah …
|
A.
|
: 1:280.000
|
B.
|
: 1:1.000.000
|
C.
|
: 1:2.000.000
|
D.
|
: 1:2.800.000
|
Pembahasan :
Jarak 2 kota di peta 4 cm dan mewakili jarak
sebenarnya 112 km=11200000cm. Jadi untuk mengetahui berapa skala peta yang
digunakanSehingga didapatkan skala pada peta adalah 1:2800000
4.
|
Sebuah sepeda dibeli dengan harga Rp1.200.000,00. Agar
memperoleh keuntungan 5%, sepeda tersebut dijual dengan harga....
|
A.
|
Rp1.140.000,00.
|
B.
|
Rp1.260.000,00.
|
C.
|
Rp1.320.000,00.
|
D.
|
Rp1.440.000,00.
|
Pembahasan :
untung 5%=>
Rp 1.200.000x5%=Rp 60.000
Jadi agar
dijual mendapat untung 5% maka sepeda dijual dengan harga Rp 1.200.000+ Rp
60.000= Rp 1.260.000
5.
|
Citra menabung uang di bank sebesar Rp2.000.000,00
dengan bunga 8% setiap tahun. Setelah 9 bulan uang tabungan Citra
adalah …
|
A.
|
Rp2.120.000,00
|
B.
|
Rp2.160.000,00
|
C.
|
Rp2.170.000,00
|
D.
|
Rp2.720.000,00
|
Pembahasan :
Bunga
selama setahun sebesar 8% setiap tahun atau (8/12)% setiap bulan
Jadi jumlah
tabungan citra selama 9 bulan adalah
Tabungan bulan
ke 9=jumlah tabungan awal+bunga selama 9 bulan
Rp
2.000.000+(9x8/12)% x Rp 2.000.000
Rp 2.000.000+Rp.
120.000
Rp 2.120.000
6.
|
Diketahui barisan bilangan sebagai berikut:
1, 5, 11, 19, 29, … Suku ke-10 dari
barisan di atas adalah …
|
A.
|
39
|
B.
|
48
|
C.
|
91
|
D.
|
109
|
Pembahasan :
Diketahui
bahwa barisan suatu bilangan 1,5,11,19,29,.... yang diwakili dengan U1,U2,U3,..
yang mewakili dari urutan bilangan ke-.
Beda U1
dan U2 adalah 5-1=4
Beda U2
dan U3 adalah 11-5=6
Beda U3
dan U4 adalah 19-11=8
Beda U4
dan U5 adalah 29-19=10
Karena
beda antara suku-suku terdekat tidak sama dan selalu bertambah 2 dari beda
sebelumnya maka barisan bilangan dapat ditulis sebagai berikut
Beda U5
dan U6 adalah U6-29=12 maka U6 adalah 29+12=41
Beda U6
dan U7 adalah U7-41=14 maka U7 adalah 41+14=55
Beda U7
dan U8 adalah U8-55=16 maka U8 adalah 55+16=71
Beda U8
dan U9 adalah U9-71=18 maka U9 adalah 71+18=89
Beda U9
dan U10 adalah U10-89=20 maka U9 adalah 89+20=109
Maka suku
ke-10 adalah 109
7.
|
Pada suatu barisan geometri diketahui bahwa suku pertamanya 3
dan suku ke-9 adalah 768, maka suku ke-7 barisan itu adalah …
|
A.
|
36
|
B.
|
96
|
C.
|
192
|
D.
|
256
|
Pembahasan :
Rumus
suku barisan geometri ke n adalah Un=a.rn-1 dimana a
adalah suku awal dan r adalah rasio.
U1
= a.r1-1 jadi 3=a
U9
= a.r9-1 jadi 768=3.r8 è
r8=256 è r=2
Maka
U7
= 3.27-1 jadi U7=192
8.
|
Hasil dari (3p + 7)2 – (3p – 7)2 adalah....
|
A.
|
18p2
|
B.
|
41p2
|
C.
|
41p
|
D.
|
84p
|
Pembahasan :
Dari soal
diatas dapat disederhanakan dengan persamaan berikut A2-B2=(A+B)(A-B)
dimana A adalah 3p+7 dan B adalah 3p-7
Jadi (3p + 7)2 –
(3p – 7)2=((3p+7)+( 3p-7))((3p+7)-(
3p-7))è(6p)(14)=84p
9.
|
A.
|
-4
|
B.
|
-2
|
C.
|
2
|
D.
|
4
|
Pembahasan :
Nilai x
adalah
3x-1=4x+3
-3-1=4x-3x
-4=x
10.
|
Diketahui: A =
{ x │ 1 < x < 10, x bilangan
prima } B = { y │
1 ≤ y ≤ 10, ybilangan ganjil } Hasil
dari A ∩ B adalah . . .
|
A.
|
{3, 5, 7}
|
B.
|
{ 3, 5, 7, 9}
|
C.
|
{1, 3, 5, 7}
|
D.
|
{1, 3, 5, 7, 9}
|
A = { x │ 1
< x < 10, x bilangan
prima } maka A=2,3,5,7
B = { y │ 1 ≤ y ≤
10, y bilangan ganjil } maka B=1,3,5,7,9
Hasil dari A ∩ B adalah
3,5,7
Sekian latihan soal dan pembahasan materi ujian nasional SMP yang sekiranya bisa saya bagi. Semoga dapat menambah ilmu bagi adik-adik yang akan menempuh ujian nasional.
Jika adik-adik punya soal yang ingin dibahas di blog ini, silahkan kirimkan soalnya di kolom komentar dan akan saya usahakan bantu mengerjakannnya sebaik mungkin.
Terima kasih atas kunjungannya.
Simak postingan materi smp yang lainnya.
LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN SMP
terima kasih tambahan soal-soalnya. Kalau boleh juga request ni untuk soal tentang aritmatika sosial yang bervariasi.
ReplyDeletewowbagoesmath.blogspot.com
terima kasih mas bagus sudah berkunjung,
Deleteuntuk link yang anda kasih akan segera saya tindak lanjuti jika waktu memungkinkan